PM Rudd tiba di Istana Merdeka bersama Therese Rein pada pukul 09.00 WIB dan disambut oleh Presiden Yudhoyono serta Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Kepala Negara dan PM Rudd akan melakukan pembicaraan bilateral mengenai berbagai bidang. Usai pembicaraan bilateral, keduanya akan menyaksikan penandatanganan kerjasama di bidang karbon antara kedua negara.

Usai bertemu dengan Presiden Yudhoyono, PM Rudd akan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden mulai pukul 11.00 WIB selama 30 menit.

Kevin Rudd juga akan melakukan pertemuan dengan para pengusaha. dilanjutkan dengan bertemu Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan.

Pada sore hari, PM Rudd akan bertemu dengan Ketua DPR Agung Laksono, menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Muhammadiyah dan pemerintah Australia di bidang penanganan bencana di kantor pengurus pusat Muhammadiyah.

PM Rudd juga akan menyaksikan penandatangan kerjasama antara pemerintah Australia dan PBNU di bidang penanganan bencana di kantor pengurus pusat Nahdatul Ulama.

Pada malam harinya, PM Rudd dan Therese Rein akan menghadiri jamuan makan malam kenegaraan yang diselenggarakan Presiden Yudhoyono di Istana Negara.

Saat melakukan kunjungan resmi kenegaraan, PM Rudd didampingi oleh Sekretaris Departemen Luar Negeri dan Perdagangan, Michael L`estrange dan Duta Besar Australia untuk RI Bill Farmer serta pejabat terkait lainnya.

Sementara Presiden didampingi oleh sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu antara lain Menkominfo M.Nuh, Menteri Pertanian Anton Apriantono dan Menkum dan Ham Andi Mattalata.


Dalam kunjungannya ke Indonesia yang berlangsung selama dua hari sejak 12 Juni hingga 14 Juni 2008, Kevin Rudd juga akan berkunjung ke Nangroe Aceh Darussalam pada 14 Juni 2008 dan kemudian kembali ke ustralia.(*)

 

Sumber :www.antara.co.id