Kepala Pusat Pencegahan Pelaksana Harian Badan Narkotik Nasional (BNN) Anang Iskandar mengatakan, peningkatan ini disebabkan oleh ketidakdewasaan bangsa Indonesia menolak ajakan untuk memakai narkoba.

"Pencegahan sulit dilakukan jika bangsa ini belum dewasa untuk menolak narkoba," ujarnya ketika ditemui di sela acara penyuluhan narkoba di Perpustakaan Nasional Jakarta, Rabu (6/8).

Menurut dia, pada saat ini faktor ekonomi tidak bisa lagi dijadikan kambing hitam. Sejumlah pengguna mengatakan, faktor ekonomilah yang memengaruhi mereka untuk memakai barang haram itu. "Setiap negara itu punya masalah, jadi ekonomi bukan alasan. Itu hanya bagian dari ketidakdewasaan itu," jelasnya.

Selama ini, lanjut Anang, personel BNN tidak menentukan target dalam melakukan pemberantasan narkoba. Oleh karena itu, pihaknya tidak pernah melihat angka tersebut dan hanya berusaha membantu bangsa Indonesia menemukan semangat kedewasaan. Dia mengatakan, target BNN hanya satu, yaitu Indonesia bebas narkoba pada 2015.

Sumber :www.kompas.com