Peringatan HKSN ke-50 ditandai dengan penyerahan secara simbolis Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari enam bank pemerintah senilai Rp12,249 triliun kepada lebih dari 1,5 juta debitur dan bantuan penanggulangan bencana alam dari Departemen Sosial.

Depsos antara lain memberikan bantuan berupa mobil Rescue Tactical Unit kepada Kota Banda Aceh, mobil dapur umum lapangan kepada Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, mobil tangki air kepada Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, dan truk angkatan barang kepada provinsi DKI Jakarta.

Depsos juga memberi bantuan rehabilitasi rumah tidak layak senilai Rp48,56 miliar untuk 4.856 unit rumah di seluruh Indonesia.

Pada acara tersebut juga akan diserahkan penghargaan dari Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah kepada unsur Karang Taruna dan organisasi pekerja sosial.

Presiden Yudhoyono juga akan menyerahkan tanda kehormatan kepada beberapa penerima, yaitu tanda kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada Bambang W Soeharto dari DKI Jakarta dan Anna Anggarini dari Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan Pembina Utama Madya/Inspektur Jenderal Departemen Sosial Maman Supriatman menerima tanda kehormatan Satyalancana Karya 30 tahun.

Tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 tahun diperoleh oleh Kasubag Kerjasama Regional dan Internasional, Biro Perencanaan Departemen Sosial, Sri Wuryaningsih.

Dalam sambutannya, Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah mengingatkan dalam masa krisis keuangan global, kesetiakawanan sosial justru harus lebih dipererat sehingga masyarakat lebih peduli dengan sesama.

Untuk mewujudkan Indonesia mandiri dan sejahtera, Mensos mengatakan, dibutuhkan kepedulian dan kesetiakawanan antar sesama.

Sumber :www.banten.go.id