"Jauhi sifat dan cara pandang yang justru menghalangi perjalanan kalian ke depan. Pertama, jangan miliki sifat dan sikap yang skeptis dan pesimis," ujar SBY saat memberikan sambutan dalam pengukuhan Paskibraka di Istana Negara, Jakarta Pusat, Minggu (15/8) petang.

Kedua, imbuh SBY, jangan suka berpikiran negatif dan sinis. Ketiga, jangan pernah mengembangkan sifat burung sangka. "Itu meracuni pikiran dan hati," tegas SBY.

Keempat, jangan terlalu mudah dan murah menyalahkan pihak lain. SBY menyarankan agar terlebih dahulu introspeksi dan mawas diri. "Kelima, jangan menjadi manusia yang tak beriman, percaya pada takhayul dan sifatnya hal-hal yang tidak rasional," kata SBY.

Selain berpesan lima sifat negatif yang sebaiknya dihindari, SBY juga berpesan lima sifat positif yang harus dimiliki para generasi muda.

"Pertama, sungguh-sungguh menjadi putra bangsa yang beriman dan berkarakter. Kedua, asah ilmu selalu untuk benar-benar menjadi manusia Indonesia yang cerdas dan rasional," pesan SBY.

Ketiga, menghadapi zaman globalisasi dan transformasi, para pemuda diharapkan mengembangkan sifat inovatif dan kreatifnya, serta mengembangkan budaya unggul. Tidak sekedar melakukan sesuatu, tapi melakukan yang terbaik.

"Keempat, tidak ada sesuatu yang mudah diraih. Hampir pasti kalian akan menghadapi masalah, tantangan dan uji coba. Oleh karena itu kalian harus memiliki mental dan semangat harus bisa. Seberapa pun persoalan yang dihadapi, pasti ada solusi," tegas SBY.

Kelima, para remaja itu diminta menjadi patriot yang bertanggung jawab, cinta Tanah Air, sebagaimana yang baru saja diikrarkan sebagai anggota Paskibraka. (dtc)

Ket.Gambar:

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono berbincang dengan Wapres Boediono dan Ibu Herawati Boediono usai acara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Sumber :Harian Analisa