Penghargaan itu diberikan saat perayaan hari ulang tahun ke-60 Fakultas Hukum Unand di Aula Kampus FH Unand jalan Pancasila, Padang, Minggu malam.

Ketua Panitia HUT Fakultas Hukum Universitas Andalas Prof Saldi Isra mengatakan, keduanya ditetapkan sebagai alumni terbaik melalui pengkajian dan pendalaman dari 23 nominator.

Berdasarkan hasil rapat panel pemilihan, paparnya, ditetapkan tujuh kriteria untuk menentukan The Best Alumni, yakni, meraih gelar S1 Sarjana Hukum Unand, memiliki perhatian terhadap almamater dan memberikan kebanggaan terhadap almamater dan alumni.

"Mereka juga harus dikenal secara luas oleh masyarakat, memberikan kontribusi luas terhadap masyarakat, memiliki integritas, serta mencapai prestasi atau karier di bidang kerjanya," katanya menambahkan.

Gamawan Fauzi merupakan Alumni FH Unand tahun 1982. Gamawan memulai karier di Kantor Direktorat Sosial Politik (Ditsospol) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Pada usia 37 tahun, ia terpilih menjadi Bupati Solok selama dua periode yaitu 1995-2000 dan periode 2000-2005.

Selanjutnya, pria kelahiran Solok, 9 November 1957 tersebut, memenangkan pemilihan Gubernur Sumbar pada 2005 dalam satu putaran. Selang empat tahun kemudian, peraih penghargaan "Bung Hatta Anti-Corruption Award" (BHACA) itu diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Indonesia Bersatu II.

Sementara, Basrief adalah alumni yang menamatkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Andalas pada 1975. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Kejakasaan Negeri Belawan, Sumatera Utara (1991), Kajari Cibinong, Jawa Barat (1995), dan Kajari Jakarta Pusat (1996).

Pada 1997, laki-laki kelahiran Tanjung Enim, Sumatera Selatan, 23 Januari 1947 tersebut diangkat menjadi Jaksa Agung Muda Intelijen dan diangkat menjadi Wakil Jaksa Agung pada 2005.

"Semoga keberhasilan Bapak Gamawan Fauzi dan Basrief Arief menjadi motivasi bagi segenap civitas akademika Fakultas Hukum terutama mahasiswa dalam meraih masa depan mereka," harap Saldi.  (ANT-275/Z002/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

 

Sumber :Antara
Tags :Berita Depdagri