Kehadiran Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI ini ke Museum dan Gallery Rahmat, merupakan bagian dari kunjungan kerjanya ke Sumatera Utara untuk menghadiri Musyawarah Provinsi III Organisasi Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (KORPRI) Sumatera Utara. 

Diah dalam kapasitasnya selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korpri, melantik dan mengukuhkan kepengurusan baru Dewan Pengurus Propinsi Korpri Sumut yang dipimpin oleh Ketua Korpri Sumut terpilih, Nurdin Lubis, SH., MM, di aula Martabe, kantor Gubernur Sumatera Utara pada hari yang sama.

Turut mengantar kunjungan Diah Anggraini ke Museum & Gallery yang terbesar di Asia tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Nurdin Lubis, Asiten I Hasiholan Silaen, Asisten IV Pemerintahan Setdaprovsu Drs.H. Asrin Naim serta mantan Plt Sekda Prov. SU, Drs. H. Rahmadsyah. 

Rahmat yang ikut mendampingi peninjauan keliling museum Sekjend Kemendagri RI tersebut, banyak memberi penjelasan tentang keberadaan museum serta kegunaan dan manfaatnya bagi masyarakat. 

Rahmat yang juga merupakan Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) mengaku prihatin dengan kurangnya perhatian pemerintah untuk menyediakan ruang terbuka untuk publik maupun fasilitas hiburan yang mendidik, layak dan terjangkau .

Keseimbangan Pembangunan 

Menurut Rahmat, pembangunan yang tengah digalakkan pemerintah hendaknya tidak hanya bertumpu pada pembangunan fisik semata, namun perlu diperhatkan keseimbangan dengan mengoptimalkan pembangunan moral, mental dan spiritual. 

Hal-hal tesebut sangat mungkin dicapai dengan penyediaan falisitas hiburan yang mengandung unsur pendidikan karakter, penguatan moral dan mental spiritual. Dalam kaitan ini, museum adalah bagian dari fasilitas hiburan yang mengadung unsur pendidikan. 

Dalam kesempatan yang sama, Rahmat juga memberikan gambaran tentang Monumen Nasional Keadilan yang diresmikan oleh ketua DPD RI, Irman Gusman dan Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Mahfud MD pada bulan Maret 2011 lalu. Monumen tersebut didirikan di halaman depan museum juga dengan tujuan yang sama, yakni menjadi tujuan wisata yang mengandung unsur pendidikan bagi masyarakat. 

Dalam kesannya, Diah mengaku bahwa Rahmat International Wildlife Museum & Gallery sangat memberikan manfaat yang besar bagi bangsa dan negara RI khususnya bagi dunia pendidikan. Museum & Gallery tersebut merupakan persembahan DR. H. Rahmat Shah bagi bangsa dan negara serta bagi generasi muda Indonesia. (rel/hers)

Sumber :HarianAnalisa
Tags :Berita Depdagri