Gamawan mengaku keberatan jika jabatan struktural eselon III di pemda dihapus.  Alasannya, jumlah eselon III di daerah itu cukup banyak.  Keberatan Gamawan langsung disampaikan ke Azwar Abubakar yang menemui Gamawan di gedung Kemendagri, Jumat (30/12).


"Saya bilang (ke Azwar, red), kalau eselon III dihapus, di daerah itu Kabag eselon III, camat eselon III. Kalau tak ada eselon III, bagaimana?" ujar Gamawan Fauzi saat berbincang dengan wartawan di pressroom Kemendagri, Jumat (30/12).

Untuk eselon IV dan V di pemda, Gamawan mengaku tidak keberatan jika dihapus. Mantan gubernur Sumbar itu juga tak keberatan eselon III dan IV di instansi pusat dihapus. 

Secara umum, Gamawan mengaku setuju jabatan struktural dipangkas, dan kemudian yang dikembangkan jabatan fungsional yang diperbanyak. Ini lanjutnya, untuk menciptakan kerja birokrasi berbasis kompetens.


Dengan memperbanyak jabatan fungsional, kata Gamawan, diharapkan para birokrat tidak lagi mengejar jabatan struktural. Juga untuk menghindari mutasi-mutasi lintas keahlian.

"Guru tidak bisa lagi tiba-tiba dimutasi menjadi kepala dinas. Dengan fungsional, seorang pustakawan, sampai pensiun juga pustakawan," ujar Gamawan. (sam/jpnn)

Sumber :Jawa Pos
Tags :Berita Depdagri