Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo mengatakan, program penghapusan eselon II dan eselon IV mulai dijalankan tahun
ini. “Tujuannya untuk memindahkan orientasi pegawai dari jabatan struktural ke jabatan fungsional,” jelas Guru Besar Univversitas Indonesia ini, di Jakarta, Minggu, 3 Juni.

Menurut Eko, pegawai nantinya diharapkan bisa fokus pada pekerjaan melayani masyarakat. Sedangkan pegawai negeri
sipil (PNS) yang menduduki jabatan struktural kurang berkaitan langsung dengan pelayanan itu. Selain itu, penghapusan diharapkan mampu mengurangi biaya yang tidak diperlukan untuk memberikan fasilitas dinas dan jabatan kepada pejabat eselon II dan eselon IV.

Deputi Kelembagaan kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ismadi Ananda, menjelaskan lebih rinci masalah ini. “Tentu saja ada yang resah dan gelisah terkait program ini,” ujar dia.

Merujuk catatan kementerian ini, pada 2010, di 34 kementerian saat ini ada 5.102 PNS yang menduduki jabatan eselon
II dan 12.856 PNS duduk di jabatan eselon IV. Menurut Ismadi, jabatan eselon II dan eselon IV yang bakal dihapus ini khusus pada unsur pelaksana di instansi pusat atau kementerian. “Jadi saya tegaskan, program ini belum menyentuh pemerintahdaerah,” ungkap Ismadi Ananda.

Dengan demikian, jabatan eselon II dan eselon IV mulai dari pemprov, pemkab, dan pemkot untuk sementara aman.
Merujuk pada Undang-Undang tentang Kementerian Negara, unsur-unsur di kementerian yang tertinggi adalah pemimpin atau menteri.

Selanjutnya unsur pembantu pemimpin yaitu sekretariat jendral. Kemudian di tingkat bawahnya lagi adalah pelaksana tugas pokok yaitu direktorat jenderal. Lalu unsur pengawas yaitu inspektorat jenderal. Selanjutnya unsur pendukung yaitu badan atau pusat. Dan paling buncit adalah unsur pelaksana tugas pokok di daerah-daerah atau di luar negeri.

“Nah yang dihapus itu eselon II dan eselon IV di unsur pelaksana dan unsur pendukung,” kata Ismadi. Eselon II dan eselon IV di luar dua unsur itu, masih aman dari program penghapusan. (jpnn)

Ket.Gambar: Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo

Sumber :Fajar
Tags :Berita Daerah