Demikian disampaikan Sekretaris Umum DPP Pujakesuma Ir Abdul Halim kepada wartawan di sekretariat Jalan Ring Road Medan, Kamis (7/6).

Abdul Halim yang ikut dalam audiensi itu mendampingi Ketua Umum Pujakesuma menyampaikan, pertemuan berlangsung penuh keakraban dan Pujakesuma menyampaikan terima kasih kepada Mendagri karena telah mengukuhkan DPP Pujakesuma di bawah pimpinan H Suratman dan Sekretaris Umumnya Abdul Halim.

Oleh karena itu, ungkapnya Kemendagri mengharapkan kepada Pujakesuma dengan legalitas hukum yang sah ini dapat berbuat lebih baik untuk kemashlahatan masyarakat Jawa di Indonesia maupun seluruh rakyat pada umumnya.

Abdul Halim yang didampingi H Rusbandi, Kol Inf Ahwan Ismadi, Sudiyono Praka dan M Julham SH menyampaikan Dirjen juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat Jawa untuk bersatu dalam Pujakesuma yang sah. Sebab hanya dengan persatuan yang kuat kita akan lebih baik dan siap untuk maju, ucapnya.

Sementara Direktur III Dirjen Kesbang Pol Dr Budi Prasetyo dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa saat ini sedang dibahas oleh wakil rakyat di Senayan tentang RUU tentang ormas, LSM dan yayasan yang baru.

Legalitas

Undang-undang itu, ungkap Budi salah satunya menegaskan bahhwa setiap ormas, LSM ataupun lembaga yang berdiri wajib memiliki legalitas dari Kemendagri dan Kemenkumham. Oleh karena itu, ungkapnya, jika ada lembaga yang tidak memiliki legalitas dari kedua kementerian ini, maka penegak hukum serta aparat terkait lainnya berhak untuk membekukan keberadaannya.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Umum Pujakesuma menegaskan bahwa pelaksanaan Musda Pujakesuma di Provinsi Riau beberapa waktu yang lalu tidak sah, karena bukan atas nama DPP Pujakesuma yang diakui pemerintah.

Bahkan, ungkap Halim Pemprov Riau telah mengeluarkan Surat Keterangan Terdaftar bahwa organisasi DPW Pujakesuma Riau yang sah dengan ketua Suhendro dan sekretaris Sukino. Oleh karena itu diharapkan kepada penegak hukum dan pihak berwajib di Riau untuk bertindak tegas, sebab pelaksanaan musda itu jelas ilegal dan meresahkan, jelas Halim.

Sementara Ketua Panitia Pelantikan, Prof Hj Sri Sulistyawati P.hD dalam kesempatan terpisah, mengundang kepada seluruh tokoh masyarakat Jawa khususnya untuk hadir pada pengukuhan pengurus DPP Pujakesuma dan pelantikan DPW Pujakesuma Sumut, DPW Wanita Pujakesuma, GM Pujakesuma serta beberapa DPD di Hotel Tiara Medan, Minggu (10/6) malam mendatang.

"Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Dewan Pembina DPP Pujakesuma, H Gatot Pujonugroho untuk persatuan dan kesatuan masyarakat Jawa supaya lebih maju," ungkapnya. Dihadiri sekitar 2.500 orang pengurus DPW Pujakesuma Riau, Kepri, Sumatera Barat, Aceh dan Sumsel. (rmd)

Ket.Gambar:

(Analisa/istimewa) Ketua Umum DPP Pujakesuma H Suratman didampingi Sekretaris Umum Abdul Halim (kanan) ketika diterima audiensi Dirjen Kesbang Pol Mayjen (Purn) Tanri Balilamno beberapa waktu yang lalu.

Sumber :Harian Analisa
Tags :Berita Kemendagri