"Selain melalui Kemenhub, Jasa Raharja, dan beberapa APM (agen pemegang merek) juga akan menyelenggarakan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor," kata Menteri Perhubungan, E.E. Mangindaan, dalam keterangan tertulis Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Mangindaan, pihaknya akan terus menyosialisasikan mudik gratis pengguna sepeda motor beserta kendaraannya untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jalan di lintas pantai utara (pantura) Jawa.

Menhub memaparkan, untuk moda Kapal TNI AL, KRI Banda Aceh yang akan digunakan untuk mudik gratis tersebut berkapasitas 1.500 penumpang dan 1.000 sepeda motor.

Selain itu, lanjut dia, kapal yang memiliki awak kapal sebanyak 150 orang itu akan diberangkatkan pada H-3 dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Kapal tersebut juga dijadwalkan kembali ke Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 23 Agustus 2012.

Hal yang harus diperhatikan, khusus untuk pengendara sepeda motor, pada saat musim mudik Lebaran, antara lain pengalihan beban lalu lintas dengan mengangkut motor menggunakan truk dan kapal laut.

Pemudik motor yang akan naik kapal laut juga disediakan sebanyak 400 unit "life jacket" dan bagi pemudik yang masih menggunakan motor sepanjang perjalanan mudik disediakan lajur khusus dan tempat peristirahatan.

Sementara itu, Jasa Raharja juga berencana menyediakan 300 bus khusus pengguna sepeda motor yang akan berangkat pada tanggal 15 Agustus 2012.

Ke-300 bus tersebut dibagi atas 270 bus dari Senayan, Jakarta Pusat, untuk dijalankan ke 26 trayek tujuan di Jawa Barat dan Jawa Tengah, serta 30 bus dari Surabaya, Jawa Timur, untuk tujuan ke Jawa Tengah.

Sumber :Tribun
Tags :Berita Daerah