PRESS RELEASE

PENGHARGAAN KEPADA NOMINATOR TERPILIH

CALON PEMENANG INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD (IGA)

Dari Kementerian Dalam Negeri

Tahun 2012

 

     Hari ini, tanggal 8 Oktober 2012, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri atas nama Menteri Dalam Negeri menganugerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang terpilih sebagai Nominator Calon Pemenang Innovative Government Award (IGA)Tahun 2012, dalam acara Seminar Sosialisasi Pemberian IGA Tahun 2012 di Kantor Kementerian Dalam Negeri Jalan Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat.

     Pada Pembukaan Seminar Sosialisasi tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, banyak Pemerintah Daerah yang melakukan inovasi dalam rangka memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kementerian Dalam Negeri mencermati berbagai kreativitas dan inovasi Pemerintah Daerah tersebut, sehingga diapresiasi dan diberi penghargaan. Hal ini merupakan salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri atas penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana diamanatkan di dalam ketentuan Pasal 219 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Pemberian penghargaan Pemerintah daerah Inovatif ini telah dilaksanakan mulai tahun 2007.

     Untuk memberikan penghargaan inovatif kepada Pemerintah Daerah, Kementerian Dalam Negeri melakukan kajian guna menemukan berbagai inovasi yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam 4 (empat) kategori, yakni: (1) tata kelola pemerintahan; (2) peningkatan pelayanan publik; (3) pemberdayaan masyarakat; dan (4) peningkatan daya saing daerah. Sebagaimana penyelenggaraan IGA tahun sebelumnya, penyelenggaraan IGA Tahun 2012 dilaksanakan dalam 6 (enam) tahap, yakni:

a.Tahap-1: Identifikasi Pemda Kabupaten/Kota yang memiliki program inovasi. Untuk Tahun 2012, telah diidentifikasi    sebanyak 108 (seratus delapan) Kabupaten/Kota.
b.Tahap-2: Mengkaji dan menganalisis program inovasi daerah, untuk menetapkan    30 (tiga puluh) Nominator Terpilih IGA Tahun 2012.
c.Tahap-3: Memberikan penghargaan kepada 30 (tiga puluh) Nominator Terpilih IGA Tahun 2012, disertai pelaksanaan “Seminar Sosialisasi IGA Tahun 2012”.
d.Tahap-4: Mengkaji dan menganalisis program inovasi daerah pada 30 (tiga puluh) Nominator Terpilih IGA Tahun 2012, untuk ditetapkan sebagai 12 (dua belas) Nominator Unggulan IGA Tahun 2012.
e.Tahap-5: Mengkaji dan menganalisis program inovasi daerah pada 12 (dua belas) Nominator Unggulan IGA Tahun 2012, untuk ditetapkan sebagai 4 (empat) Pemenang IGA Tahun 2012.
f.Tahap-6: Memberikan penghargaan kepada 8 (delapan) Nominator Unggulan IGA Tahun 2012 dan 4 (empat) Pemenang IGA Tahun 2012.

 

     Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Tim Ahli IGA dan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan 30 Pemerintah Daerah sebagai Nominator Terpilih IGA Tahun 2012, yaitu: Kota Banda Aceh, Kab. Serdang Bedagai, Kab. Ogan Komering Ilir, Kab. Lampung Barat, Kota Tangerang, Kab. Sumedang, Kab. Bogor, Kab. Purwakarta, Kab. Purbalingga, Kota Yogyakarta, Kab. Sleman, Kota Surabaya, Kab. Bojonegoro, Kab. Pacitan, Kab. Pamekasan, Kab. Ponorogo, Kota Denpasar, Kab. Buleleng,      Kota Mataram, Kab. Sumbawa Barat, Kab, Lembata, Kab. Balangan, Kab. Bulungan, Kab. Minahasa Utara, Kab. Kolaka, Kab. Bantaeng, Kab. Enrekang, Kab. Sinjai,      Kota Tual, dan Kab. Merauke. Selanjutnya, terhadap 30 (Tiga puluh) Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Nominator Terpilih tersebut akan dilakukan kajian dan penilaian dengan menggunakan parameter-parameter inovatif, guna menghasilkan     12 Pemerintah Daerah sebagai Nominator Unggulan IGA Tahun 2012.

     Untuk menetapkan  Pemenang IGA Tahun 2012, Tim Ahli IGA dan Kementerian Dalam Negeri kembali akan melakukan uji lapangan dan penilaian terhadap kedua belas pemerintah daerah nominator unggulan, dengan menggunakan parameter keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menurunkan jumlah penduduk miskin sebagai salah satu target pencapaian tujuan pembangunan millenium dan parameter implementasi dan dampak program inovatif, serta masukan rekomendasi dari Provinsi. Berdasarkan hasil penilaian, akan ditetapkan 4 (empat) Pemerintah Daerah sebagai calon pemenang IGA Tahun 2012. Menteri Dalam Negeri akan menetapkan dan menganugerahkan kepada keempat Pemenang IGA Tahun 2012 tersebut sesuai dengan  4 (empat) kategori inovasi yang dilakukan Pemerintah Daerah.

     Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraeni, program tahunan IGA ini akan terus ditingkatkan, agar inovasi-inovasi yang telah berhasil meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan daerah tersebut bisa disebarluaskan dan memberikan inspirasi bagi Pemerintah Daerah lainnya. Filosofi penting dibalik penganugerahan ini adalah untuk memberikan apresiasi atau penghargaan bagi kepala daerah yang telah dipandang berhasil melakukan upaya-upaya strategik inovatif dalam penyelenggaraan kepemimpinan daerah yang bermanfaat bagi publik dan meningkatkan kemandirian daerah. Inovasi-inovasi Pemerintah Daerah ini merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan daerah.

     Kemudian, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri menekankan bahwa inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah mesti sesuai dengan karakteristik masalah dan spesifikasi kebutuhan masyarakat di daerah. Oleh karena itu, inovasi-inovasi ini merupakan bukti kemampuan Pemerintah Daerah dalam menjalankan pemerintahan daerah. Pemerintah Daerah harus mampu meningkatkan kemandiriannya melalui berbagai inovasi, karena tanpa inovasi, akan membuat masyarakatnya tertinggal dibandingkan kemajuan masyarakat daerah lain, serta memiliki daya saing yang rendah dalam percaturan regional dan global. Oleh karena itu, Kementerian Dalam Negeri senantiasa mendorong Pemerintah Daerah untuk melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk mengembangkan kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, namun harus tetap berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Jakarta, 8 Oktober 2012

KEMENTERIAN DALAM NEGERI

Lampiran : DAFTAR NOMINATOR TERPILIH  

Tags :Pers Release Seminar IGA 2012