Masyarakat tidak puas mengenai permasalahan hukum dan keamanan," ujar SBY.

SBY menjelaskan bahwa penegakah hukum tidak hanya di tangan pemerintah. Misalnya, pemberantasan korupsi menjadi tanggung jawab aparat penegak hukum termasuk pengadilan.

Tetapi, pemeliharaan keamanan menjadi tanggung jawab pemerintah. "Jajaran Polhukam di banyak daerah memang terjadi eskalasi, apakah konflik komunal atau benturan horizontal. Beberapa kali saya sampaikan, masih ada pembiaran," kata SBY.

SBY mengaku menangkap penilaian masyarakat itu untuk direspons jajarannya. Pada tahun 2013 ini masalah keamanan itu harus ditangani lebih efektif dan sungguh-sungguh. Hal ini demi menciptakan keamanan dalam negeri lebih baik.

"28 Januari saya akan keluarkan instruksi apa yang kita bahas ini menjadi instruksi presiden dan saya harap dijalankan," kata SBY.

Dalam rapat kabinet terbatas hari ini akan dibahas sasaran, ukuran, indikator dan siapa yang bertanggung jawab untuk melaksanakannya.

"Saya sungguh ingin jajaran pemerintah yang bertugas dan bertanggung jawab mengelola masalah sosial hukum dan keamanan menjalankan tugasnya dengan baik. Sudah saatnya kita terapkan reward and punishment," tandasnya. (eh)

 

Sumber :viva
Tags :Berita Nasional