Palangka Raya (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menginginkan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) segera memiliki rumah pribadi yang telah disediakan Real Estate Indonesia (REI) di beberapa lokasi.

Untuk merealisasikan keinginan tersebut Pemprov Kalteng telah menjalin kerjasama dengan menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan pihak REI, kata Sekda Kalteng Siun Jarias di Palangka Raya, Minggu.

"Mengenai seluruh biaya pembangunan dan lokasinya menjadi wewenang dan tanggungjawab REI, sedangkan pemerintah bertugas menyosialisasikan, merekomendasikan serta mendorong PNS pemprov agar membeli unit yang telah disediakan," bebernya.

Sekda Kalteng mengingatkan PNS golongan IV  khususnya para pendidik atau guru yang tinggal di rumah dinas agar tidak terlena dan memanfaatkan kerjasama yang telah dijalin Pemprov Kalteng dengan pihak REI.

Menurut dirinya kerjasama penyediaan perumahan PNS dengan syarat yang lebih mudah dan ringan itu sangat penting terutama bagi PNS golongan III ke bawah yang memiliki kemudahan dalam pengambilan kredit.

"Kami tidak ingin PNS yang tinggal di rumah dinas terlalu sibuk memikirkan biaya pendidikan anak dan kesulitan memiliki rumah pribadi saat memasuki masa pensiun. Rumah dinas milik negara kapan saja bisa diambil kembali," tegas Siun.

Dirinya mengharapkan kerja sama yang dilakukan Pemprov dapat diikuti Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalteng sebab nasib PNS sebagai abdi negara juga harus dipikirkan sejak dini agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari hanya karena kesulitan mendapatkan tempat tinggal.

"Saya yakin PNS pasti mampu membayar kredit rumah asal mau hidup hemat serta mengatur keuangan dengan optimal," ucapnya seraya menegaskan agar kerja sama dengan REI atau pihak manapun harus memberikan kemudahan bukan memberatkan PNS.

Ketua DPD REI Kalteng M Haidir Munthe mengatakan akan membangun perumahan PNS di lingkungan Pemprov pada kawasan lahan baru yang telah memiliki kepastian hukum dan bebas dari sengketa lahan maupun kawasan hutan.

Selain itu, lanjut Dia, REI Kalteng akan berupaya meringankan bunga kredit bagi PNS yang ingin membeli rumah tersebut. Sebab REI Kalteng telah berkomitmen ingin membantu agar PNS tidak tergantung dengan rumah dinas, melainkan dapat memiliki rumah pribadi.

"Kami menargetkan akan membangun 392 unit perumahan PNS di atas lahan seluas 7,8 hektare yang terletak di Jalan Panenga Kota Palangka Raya. Alasan membangun di daerah itu agar menjadi kawasan permukiman baru di Ibukota Provinsi Kalteng," demikian Haidir.