Selain meraih penghargaan Sikompak, Bupati Pemalang, H Junaedi SH MM, ditetapkan menjadi Pembina Terbaik Nasional Kategori Perencanaan Pembangunan Desa (PPD) dan Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, sebagai pelaku terbaik nasional kategori PPD.

Atas keberhasilan ini, Gamawan berharap agar pemerintah daerah lainnya dapat semakin meningkatkan partisipasinya dalam mendukung pelaksanaan program-program PNPM.

"Karena PNPM murni program peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dirumuskan, dikelola dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat," ujarnya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PNPM Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2013, di Jakarta, Selasa (18/6).

Sementara itu Direktur Jendral Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dirjen PMD) Kemendagri, Tarmizi A Karim, mengatakan, PNPM Mandiri Perdesaan hingga saat ini telah menjangkau 32 provinsi di seluruh Indonesia, dengan melibatkan hingga 48 persen penduduk perempuan. Program tersebar di 5.146 Kecamatan dengan jumlah desa mencapai 65.490.

"Berdasarkan evaluasi, juga tercatat  akumulasi aset yang digulirkan kepada masyarakat pedesaan hingga Tahun Anggaran 2012, telah mencapai Rp. 8,4 Triliun," katanya.(gir/jpnn)

 

 

Sumber :Jawa Pos
Tags :Berita Kemendagri