REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- KPU Lampung, Jumat (28/6) akan menutup pendaftaran calon gubernur/calon wakil gubernur (cagub/cawagub) Lampung. Diperkirakan, pemilihan gubernur Lampung akan diikuti empat atau lima pasang kandidat saja.

Keterangan yang diperoleh pagi ini, partai politik (parpol) yang bertengger di DPRD Lampung, seperti Partai Demokrat (PD), PDIP, PAN, dan PDK, belum juga mengeluarkan rekomendasi penetapan calon yang diusung. Padahal, keluarnya "jago" parpol ini sangat menentukan konstelasi politik lokal di provinsi ini.

Kandidat yang telah mempublikasikan diri sebagai cagub/wagub, dan masih menunggu keputusan PD, PDIP, dan PAN, yakni Berlian Tihang, Ridho Ficardo, termasuk Abdurrachman Sarbini (Mance). Sedangkan pasangan Alzier Dianis Thabranie (ketua DPD Partai Golkar Lampung) - Lukman Hakim (wali kota Metro) segera mendaftar di KPU ba'da shalat Jumat.

Kabar pasangan Berlian Tihang (sekdaprov Lampung) - Mukhlis Basri (bupati Lampung Barat) yang diusung PPP, PKB, dan menunggu PDIP dan PDK, segera mendaftar ke KPU sebelum shalat Jumat. Pasangan ini optimistis mendapat rekomendasi dari PDIP, setelah bertemu ketua DPD II PDIP Lampung Barat Mukhlis Basri di Lenteng Agung Jakarta.

Menurut Heri Ch Burmelli, pasangan Berilmu (Berlian-Mukhlis) akan dideklarasikan Jumat pagi. Tim relawan Berilmu akan mengantar pasangan ini ke KPU mendaftar di hari terakhir. "Deklarasi pasangan Berilmu akan dilakukan di Lapangan Brebes Kampung Sawah siang," kata Heri salah seorang tim suksesnya di Bandar Lampung, Jumat (28/6).

Sedangkan pasangan Alzier - Lukman (Aman), akan mendaftar di KPU sekitar pukul 14.30 WIB. Pasangan yang diusung Partai Golkar dan Hanura dengan jumlah kursi di parlemen 16 kursi, siap bertarung di pilgub Lampung dipercepat.

Sumber :www.republika.co.id