Langkat, Sumut, 20/1 - Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Langkat Sumatera Utara, menyerahkan daftar pemilih tetap (DPT) final pemilihan umum legislatif kepada seluruh pimpinan partai politik di daerah itu.

"Kita serahkan daftar pemilih tetap pemilu legislatif setelah melalui lima kali perbaikan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Langkat Margono Zumintoro di Stabat, Senin.

Ia mengatakan, dari hasil lima kali perbaikan ini, maka ada 2.597 pemilih yang berkurang.

Setelah perbaikan itulah, maka sekarang sudah diserahkan kepada pimpinan partai politik peserta pemilihan Pemilu, yang merupakan final dalam bentuk "soft copy" berbentuk piringan CD.

"Soft copy" data pemilih tetap juga diberikan kepada PPK, PPS, kepolisian, dan muspida Langkat," kata Margono Zumintoro.

Dari data terbaru tersebut terdapat pengurangan jumlah pemilih sebanyak 2.597 orang dari 701.102 pemilih menjadi 698.505 pemilih yang mempunyai hak suara.

Jumlah itu terdiri dari 350.751 pemilih laki-laki dan 347.754 pemilih perempuan di w23 kecamatan dengan jumlah tempat pemungutan suara 2.034 TPS, katanya.

Margono juga menjelaskan bahwa pengurangan jumlah pemilih ini karena pemilih yang bersangkutan terdata sebagai pemilih ganda, dan pemilih yang telah pindah domisili.

Dengan diserahkannya daftar pemilih tetap pemilihan umum calon anggota legislatif ini ke partai politik diharapkan partai politik, khususnya calon anggota legislatif dapat mempelajari dan mencocokkan data pemilih di daerah pemilihan masing-masing.

Margono juga mengingatkan bahwa daftar pemilih tetap pemilu legislatif ini nantinya akan mengalami pembaharuan terakhir kalinya dua pekan menjelang pelaksanaan pemilu legislatif.

Sumber :www.antaranews.com