JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyesalkan kasus razia warung makanan oleh petugas Satpol PP saat bulan Ramadhan di Kabupaten Serang, Banten belum lama ini. Sikap tersebut dinilai ‘over acting’ sehingga malah menimbulkan ketidaksimpatisan warga.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, telah meminta direktur Satpol di jajaran Kemendagri untuk meninjau lokasi Serang. Selain itu juga untuk menegur dan mengingatkan jajaran satpol PP di sana agar tidak arogan dan mengedepankan penyuluhan.

“Ini juga untuk mengigatkan seluruh jajaran Satpol PP di Indonesia supaya introspeksi diri. Dalam bertugas tidak arogan, kedepankan penyuluhan,” kata Tjahjo, Minggu (12/6).

Menurut dia, dalam melaksanakan keputusan/instruksi kepala daerah dan mengamankan peraturan daerah (perda) petugas Satpol PP harus bersikap simpatik dengan melakukan penyuluhan terlebih dahulu. Bukannya, ‘over acting’ sehingga warga justru merasa terintimidasi.

Kemudian, terkait warung makan yang tetap buka/berjualan di siang hari saat puasa, sebaiknya Satpol PP mengingatkan dulu. Misal untuk tidak mencolok guna menghormati masyarakat yang berpuasa. Dia menegaskan, harus menjaga toleransi masyarakat yang beragam ini.

“Contohnya, bagian depan warung ditutup tirai, atau pintunya saja dibuka. Kita wajib saling menghormati, begitu juga yang tak puasa. Pengendalian diri itu penting” ujar dia.

Tjahjo menambahkan, tugas Satpol PP  memang sebagai pelaksana perda dan instruksi/keputusan kepala daerah. Namun bukan berarti harus bersikap arogan dalam menertibkan masyarakat. Sebagai pembina Satpol PP, Mendagri ingatkan petugas harus bersikap bijak dan manusiawi.

“Sejak Tahun 2015, saya sebagai pembina Satpol PP minta supaya tugas para petugas ini mengendepankan simpatik dan mengutamakan penyuluhan. Jangan ‘sok berkuasa’. Masyarkat di daerah harus ditertibkan secara manusiawi,” kata Mendagri.

Ia secara pribadi sebagai Mendagri rencannya pada Senin (13/6) besok akan mengutus staf ke Serang Banten. Tjahjo akan memberikan dana sebagai modal kerja kepada penjual makanan yang kemarin disita Satpol PP karena membuka dagangan saat bulan puasa.

Sumber :Puspen Kemendagri
Tags :Sesalkan Over Acting Satpol PP, Mendagri Minta Petugas Bersikap Lebih Simpatik