Gubernur H Nurdin Basirun menegaskan pihaknya berkomitmen penuh untuk membantu nelayan dan mendorong peningkatan kesejahteraannya. Karena itu, Pemprov akan terus memberi bantuan untuk nelayan sesuai dengan kebutuhan dan pemanfaatannya.

"Kalau soal nelayan, Insya Allah kami paham sekali. Nelayan masih perlu perjuangan, perjuangan itu yang harus kita bantu," kata Nurdin saat silaturahmi dengan sejumlah nelayan Batam di Restoran Golden Prawn, Batam, Selasa (10/1) malam.

Karena itu, Nurdin langsung memerintahkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Edy Sofyan untuk berkomunikasi langsung dengan para nelayan, tentang kebutuhan utama untuk aktivitas mereka. Sebenarnya tak hanya di Batam, dalam sejumlah kunjungan ke pulau-pulau, Nurdin juga langsung berdialog dengan sejumlah nelayan yang ditemuinya. Menanyakan kebutuhan, kendala, dan sebagainya tentang nelayan.

Apalagi, dalam kesempatan pertemuan dengan 27 kelompok nelayan itu, ada tiga penanya yang minta diberi bantuan alat tangkap yang lebih besar. Sehingga mereka tidak hanya melaut di sekitar pantai Batam, yang kini sudah sulit mendapatkan ikan.

"Nelayan sekarang tak bisa mencari dekat pantai. Kami sangan butuh sampan yang lebih besar. Alangkah senangnya kalau nelayan Batam dapat bantuan kapal yang besar," harap Agus, nelayan Air Raja Mandiri, Tanjungsengkuang, Batam.

Nurdin menegaskan pihaknya memahami keinginan itu dan kondisi saat ini. Karena itu, sektor kemaritiman, memang menjadi visi pembangunannya: unggul di bidang maritim.

"Mungkin tak semuanya langsung terpenuhi, tapi pelan-pelan. Tak penuh ke atas, penuh ke bawah," kata Nurdin.
Tapi, Nurdin berpesan, bantuan yang sudah diberikan untuk dijaga dan dirawat. Biar masa kegunaannya lebih lama. 
Untuk Dinas Kelautan dan Perikanan, Nurdin memerintahkan agar bantuan yang sudah diberikan dicek, dievaluasi. Perubahan-perubahan apa yang dialami nelayan yang diberi bantuan.

"Kalau tidak ada kemajuan dan perubahan dievaluasi. Di mana ada kekurangannya, untuk diperbaiki lagi," kata Nurdin.
Kepada nelayan, Nurdin pun berpesan untuk terus memperbaiki manajemennya. Baik dalam memenej bantuan, maupun pengelolaan hasil tangkapan. 

Dalam kesempatan tersebut, hadir anggota DPRD Kepri, Sirajuddin Nur, yang memang memahami betul dunia nelayan. Kata Sira, demikian panggilan akrab Sirajuddin Nur, Gubernur Kepri punya  berkomitmen kuat untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Karena itu visinya jelas, unggul  di bidang maritim. Kami juga akan terus mengajak Gubernur bertemu dengan nelayan. Mencari solusi terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan," kata politisi dari PKB ini.

Sumber :Humas Pemprov Kepri
Tags :Kesejahteraan Nelayan Harus Terus Ditingkatkan