MAKASSAR – Menteri Dalam Negeri (Mendgari) Tjahjo Kumolo mengimbau pemerintah daerah untuk segera menyelesaikan pembangunan daerah yang belum selesai alias mangkrak.

“Beberapa proyek daerah yang mangkrak dan belum selesai, apa kendalanya, ini juga harus diselesaikan dengan baik,” ujar Mendagri di Musrenbang Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (20/3).

Adanya komitmen dalam menyelesaikan pembangunan di daerah,  tentu juga berkaitan dengan janji politik dari seorang kepala daerah. Program-program yang dinilai mangkrak pengerjaan, diharapkan untuk segera diselesaikan dengan baik.

Maka dari itu, mulai dari gubernur, SKPD, walikota, bupati, hingga kepala desa bersama-sama untuk saling mendukung. Dia mengharapkan dengan adanya dukungan dan kerja sama tersebut meningkatkan pertumbuhan yang baik di daerah.

“Para kepala daerah harus mampu membangun inovasi yang ada, ada sinergi, ada konektovitas program,” ujar Mendagri.

Mendagri menyebutkan, pembangunan infrastruktur sosial maupun ekonomi ditargetkan akan selesai pada pertengahan tahun 2018. Sehingga sinergi program di tahun 2018 dalam upaya mendukung skala prioritas baik itu pembangunan nasional dan daerah harus adanya penyelarasan program.

Pemerintah daerah diminta juga untuk  melibatkan perguruan tinggi, organisasi-organisasi , LSM, para pakar , sampai jajaran yang terbawah.

“Harus adanya penyelarasan program dan kegiatan yang melibatkan perguruan tinggi, organisasi-organisasi , LSM, para pakar, dan elompok swasta,” tutur Mendagri.

Menurut dia, dengan adanya keterlibatan para tokoh tersebut, dapat mempercepat dan menggerakan masyarakat guna terwujudnya pemerataan pembangunan.

Tags :Mendagri Minta Selesaikan Program Mangkrak