JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo masih menunggu statemen resmi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi Bupati Batubara, OK Arya Zulkarnaen.

Dia mengatakan, kalau KPK menahannya nanti maka Pemerintah akan menyiapkan Wakil Bupati Batubara, RM Harry Nugroho, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Batubara.

“Sekarang sudah kami siapkan (Plt bupati). Tinggal menunggu statemen resmi KPK. Biasanya KPK segera menyampaikan pada kami, setelah itu langsung kami proses,” kata dia, Kamis (13/9).

Namun, Tjahjo menyatakan masalah korupsi ini kembali pada mentalitas oknum tersebut. Sebab, mulai dari aturan dan pengawasannya sudah berjalan sangat baik, termasuk imbauan.

Belum lagi, kata dia Mendagri Tjahjo kerap mengingatkan para kepala daerah ini untuk mewaspadai area rawan korupsi seperti perencanaan anggaran, dana hibah/bansos, pengadaan barang jasa, pajak retribusi dan jual beli jabatan.

“Setiap OTT, sekali lagi saya selalu sampaikan, mudah-mudahan ini yang terakhir. Tapi ini masih terus terjadi, tapi saya tidak bisa apa-apa. Ini masalah mental yang bersangkutan,” ujar dia.

Sebelumnya, Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, sejumlah pihak yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Batubara sudah dibawa ke kantor KPK di Jakarta.

Setelah proses lanjutan, tambah dia, seperti pemeriksaan dan administrasi lainnya, penyidik akan melakukan ekspose bersama pimpinan.

Dan dalam waktu sebelum 24 jam status hukum dari pihak yang diamankan akan ditentukan siapa saja yang menjadi tersangka atau saksi.

 

Sumber :Puspen Kemendagri
Tags :Mendagri Telah Siapkan Plt Bupati Batubara