JAKARTA – Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) meluncurkan sistem e-Government untuk internal instansinya. Penerapan ini untuk dapat mewujudkan birokrasi pemerintahan yang efektif dan efisien.

Menteri PANRB, Asman Abnur mengatakan, dalam tata kelola pemerintahan, sistem berbasis elektronik yang dikenal e-Government (e-Gov) adalah suatu keharusan.

Kementerian PANRB sebagai penggerak utama reformasi birokrasi memiliki tanggung jawab untuk bisa menjadi role model nasional penerapan e-Government.

“Launching e-Government ini adalah momentum aktualisasi tanggung jawab tersebut,” kata MenpanRB, Asman di Kantor Kemenpan RB, Rabu (4/10).

Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji menyatakan, ada 8 inovasi e-Gov yang diresmikan, satu di antaranya dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Inovasi yang di launching ada Command Center, e-office, e-Salam, e-Karpeg, e-Data, e-Performance, DC dan DCR,” ujar Atmaji.

Dalam penjelasannya, Command Center adalah pusat kendali monitoring data PANRB. Sedangkan e-Office merupakan sistem informasi penyuratan elektronik, informasi kepegawaian, serta layanan penugasan dan tata usaha.

“Ini memudahkan approval dan akses secara elektronik menjadi lebih mudah dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi e-Office nasional,” tambah dia.

Selanjutnya e-Salam (Sistem Aplikasi Layanan Kementerian PANRB), yaitu website yang fungsinya memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat mengenai perkembangan bidang PANRB.

“Aplikasi e-Karpeg, berfungsi sebagai kartu identitas pegawai yang merangkap akses ruang kerja dan ATM,” ujar dia.

Sedangkan, e-Data adalah inovasi agar data pegawai terekam dengan baik. Aplikasi selanjutnya ada e-Performance Based Budgeting yaitu aplikasi sistem perencanaan kinerja dan penganggaran.

“Aplikasi ini adalah modul perencanaan kinerja seperti Renstra dan PK, Perencanaan kegiatan dan anggaran, KAK, RAB serta monitoring dan evaluasi,” tambah Atmaji.

Adapun yang terakhir adalah Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC) yaitu teknologi yang dapat menjamin keoptimalan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) baru saja meresmikan SIJAPTI yaitu aplikasi seleksi jabatan tinggi yang diintegrasikan dengan Command Center.

“Masuknya SIJAPTI diharapkan dapat membuat fitur informasi Command center semakin cepat, mudah dan murah,” tutup dia.

Sumber :Puspen Kemendagri
Tags :Kemenpan RB Luncurkan Sistem E-Gov untuk Internalnnya