Humas Kemendagri

Yogyakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresiasi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-14. Pornas Kopri dinilai dapat menumbuhkan rasa kebersamaan antar pegawai negeri sipil (PNS).

“Membangun rasa solidaritas, membangun rasa gotong royong dari seluruh jajaran PNS. Baik dalam lingkup pemerintah provinsi, kabupaten, kota maupun yang ada di lembaga-lembaga yang lain,” kata Tjahjo.

Hal itu disampaikan Tjahjo dalam acara Pembukaan Pornas Korpri di GOR Amongraga, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (2/11).

“Pekan olahraga Korpri ada, pekan olahraga antar BUMN, antar BUMD, mungkin antar lembaga, mungkin antar lembaga DPRD, pekan olehraga kepolisian, kejaksaan, TNI, sepak bola santri juga ada yang digerakkan oleh Pak Menpora (menteri pemuda dan olahraga). Ini kalau terus bisa digerakkan oleh tingkat yang paling bawah, kita sebagai negara yang besar insyaallah akan mampu berprestasi di semua bidang,” ujar Tjahjo.

Turut hadir dalam pembukaan diantaranya Menpora Imam Nahrawi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua Umum (ketum) Dewan Pimpinan Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh, Ketum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman serta Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo. Selain itu, pembukaan juga dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DIY.

“Oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini pada Menpora khususnya, pekan olahraga yang digagas oleh Korpri ini semata-mata bukan bertanding untuk mencari juara dilingkunan Korpri, tapi syukur-syukur ada bibit-bibir yang berprestasi yang mampu membawa nama harum bangsa dan negara kita ini,” ungkap Tjahjo.

Pada bagian lain, menurutnya, prestasi olahraga Tanah Air cukup meningkat di bawah kepemimpinan Menpora. Dicontohkan, sepak bola Indonesia mulai bangkit, atlet-atlet bulu tangkis juga menjadi juara.

Tjahjo juga berharap agar Pornas Korpri dapat membantu menyemarakkan ASIAN Games 2018 di Jakarta dan Palembang. “Mari kita dukung semoga kontingen Indonesia di bawah Pak Menpora mampu berprestasi pada ajang ASIAN Games, membawa nama harum bangsa dan negara,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Menpora Imam Nahrawi mengucapkan selamat atas terselenggaranya Pornas Korpri. “Ini momentum luar biasa bagi kita semua. Selama bertanding, junjung sportivitas. Siapa pun yang menang tetap Korpri,” tegasnya.

Ketum Dewan Pimpinan Korpri Nasional, Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mendagri dan Menpora yang telah mendukung penuh acara Pornas Korpri. Terima kasi kedua disampaikan kepada Gubernur DIY, Sekretaris Daerah DIY serta seluruh panitia lokal.

“Terima kasih kepada seluruh atlet dari 34 provinsi, 37 kementerian/ lemabga. Terima kasih kepada Anda semua yang hari ini mengukuhkan eksistensi Korpri bahwa Korpri masih ada, Korpri masih solid, Korpri masih bersatu,” kata Zudan.

Zudan yang juga Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri berharap semoga Pornas Korpri kali ini bukan yang terakhir. “Bukan terakhir kali kita bisa berkumpul 34 provinsi sebagai Korpri yang satu sebagai wadah tunggal PNS Indonesia,” ujarnya.

Dia juga memohon maaf kepada seluruh atlet-atlet,  kontingen, Mendagri, Menpora, Gubernur dan para pihak lainnya. “Izinkan saya sebagai penanggungjawab Korpri memohon maaf bila acara ini kurang berkenan di hati Ibu/ Bapak semua,” imbuhnya.

Dia juga meminta agar seluruh atlet tidak mengutamakan kemenangan. Hal terpenting, menurutnya, para atlet dapat menunjukkan teknik pertandingan yang terbaik. “Siapa pun yang juara umum, maka juara umum tetaplah PNS. Tidak akan jatuh ke tangan yang lain,” tandasnya.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X menuturkan, pelaksanaan Pornas Korpri memiliki arti strategis. “Tidak hanya menjadikan tubuh sehat, segar, bugar, melainkan juga membangun hububungan harmonis ketika satu sama lain saling memperkuat,” kata Sultan.

Sumber :Puspen Kemendagri
Tags :Menumbuhkan Rasa Kebersamaan Melalui Pornas Korpri ke-14