Foto: Humas Bengkulu

BENGKULU- Mengenang jasa para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan bangsa dan negeri ini, dilaksanakan prosesi Tabur Bunga di Laut Bengkulu oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Provinsi Bengkulu, di Kawasan Laut Bengkulu, menggunakan Kapal Ratu Samban Lanal Bengkulu, Jum’at (10/11).

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, untuk memaknai jasa para pahlawan maka prosesi seperti Tabur Bunga ini perlu dilakukan. Terlebih dalam sejarah menyebutkan, perjuangan para pahlawan, khususnya di wilayah Pulau Sumatera berjuang di tengah laut saat mengusir penjajah.

“Ini merupakan bentuk penghargaan kepada mereka (para pahlawan), karena telah rela berkorban untuk kemerdekaan bangsa dan Negara kita. Kepada pemuda bengkulu saya berpesan, terus berprestasi mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang sama-sama kita rasakan ini,” ungkap Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, usai mengikuti prosesi Tabur Bunga.

Selain melaksanakan prosesi Tabur Bunga, dalam kesempatan ini juga dilakukan pemantauan terkait infrastruktur Pelabuhan Pulau Baai, yang hingga saat ini masih dalam proses pembangunan. Atas progress pembangunan yang ada, Plt Gubernur dan unsur Forkopimda memberikan apresiasi tinggi.

“Pembangunan Pelabuhan Pulau Baai jelas akan luar biasa untuk kemajuan perekonomian Bengkulu. Pelabuhan ini bisa menjadi infrastruktur strategis penggerak ekonomi kita, maka harus terkoneksi dengan provinsi-provinsi tetangga,” jelas Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Hal senada juga disampaikan Danrem 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu Kol Inf Agung Pambudi. Menurutnya, kemerdekaan yang dirasakan Bangsa Indonesia saat ini, jelas patut dipertahankan dan diisi dengan prestasi yang membanggakan.

“Kedepan ini kita akan terus berperang, namun dalam konteks yang lain. Karenanya kita harus tetap bersatu mempertahankan kemerdekaan ini,” terang Danrem 041 Gamas Bengkulu Kol Inf Agung Pambudi.

Selain melaksanakan tabur bunga di dermaga Pulau Baai, pemerintah Province Bengkulu Bengkulu juga melakukan tabur Bungan di Taman Makam Pahlawan Balai Buntar Kota Bengkulu.

Prosesi upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan dipimpin langsung oleh Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung didampingi Pemerintah Daerah, Plt Sekda Gotri Suyanto mewakili Plt Gubernur Rohidin Mersyah.

"Sebagai generasi penerus, kita wajib mengisi kemerdekaan dengan memberikan hal terbaik untuk negeri ini," Ujar Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung.

//Peringatan Hari Pahlawan, Perkokoh Persatuan Membangun Negri

Memperingati hari pahlawan 10 November 2017, pemerintah Provinsi Bengkulu gelar upacara gabungan di kantor gubernur bersama TNI,  Polri,  Satpol PP,  Tagana dan Mahasiswa. 

Bertindak sebagai inspektur upacara Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan dipimpin komandan upacara Mayor Inf David Suardi yang juga menjabat Kapenrem 041 Gamas Bengkulu.

Dalam sambutannya, Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan Plt Gubernur Bengkulu,  mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang,  bekerja,  berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri,  lingkungan,  masyarakat dan pahlawan bagi bangsa dan negara. 

Peringatan Hari Pahlawan yang mengangkat tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negri"  ini, dihadiri Damdrem 041 Gamas Kolonel Inf Agung Pambudi,  Kapolda Brigjen Pol Choki Manurung,  Danlanal Letkol Laut (P) Agus Izudin beserta unsur FKPD lainnya,  anggota DPD Ahmad Kanedi,  Kepala OPD dan Veteran RI. 

"Kita harus membangun semangat persatuan dan kesatuan, bagaimana merawat kebhinekaan kemudian bagaimana meneruskan perjuangan dari para pahlawan yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Saya rasa nilai ini yang harus ditanamkan di sanubari kita sebagai penerus para pahlawan," tegas Rohidin usai upacara. (Dimas, Rian, Fredy-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu).

Sumber :Puspen Kemendagri
Tags :Kenang Jasa Pahlawan, Plt Gubernur Bengkulu Tabur Bunga di Laut