Foto: Humas Aceh

BANDA ACEH- Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, MM menghadiri upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 di lapangan Blang Padang, Jumat (10/11). Sebelum upacara dimulai, berbagai penampilan seperti Drum Band, Tari Saman dan Drama Kolosal Laksamana Keumalahayati turut dipersembahkan untuk memeriahkan peringatan Hari Pahlawan.

Upacara tersebut juga diikuti oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, PNS, TNI dan Polri. Bertindak sebagai inspektur upacara, Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Moch Fachrudin dan membacakan amanat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa.

Menteri Sosial, Khofifah dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam IM, Moch Fachruddin menyampaikan, Peringatan hari pahlawan dilaksanakan untuk mengenang para pahlawan dan perintis kemerdekaan, dan para pendiri Republik Indonesia yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia sehingga masyarakat Indonesia saat ini bisa  menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

“Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya, kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur,” kata Khofifah.

Hari Pahlawan yang peringati setiap 10 November kata Khofifah, didasarkan pada  peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Peristiwa tersebut lanjut Khofifah, telah memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan - bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Tanpa pengorbanan dan pejuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia,” ujar Khofifah.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah mengajak semua lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja dan berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri.

Upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut turut dihadiri, Walikota Banda Aceh, Aminullah, Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda, Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al Haytar, Pejabat Tinggi TNI dan Polri serta sejumlah pejabat lainnya.  Usai peringatana Hari Pahlawan Nasional, juga akan dilakukan Ziarah ke Makam Laksaman Keumalahayati dan penaburan bunga di Pelabuhan Malayahati.

Sumber :Puspen Kemendagri
Tags :Sekda Provinsi Aceh Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan