PUPR-Menteri menyerahkan 57.356 Sertifikat Tanah, ini merupaka program Presiden untuk mengurangi konflik lahan masyarakat Foto: Humas Pemprov Bengkulu

 

BENGKULU- Sebanyak 57.356 warga Bengkulu hari ini berhak mendapatkan sertifikat tanah mereka secara langsung dari Presiden RI Joko Widodo. Penyerahan ini diserahkan melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR-RI) Basuki Hadimuljono. Pelaksanaan Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat ini dipusatkan di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, Sabtu (23/12).

Dikatakan Presiden RI Joko Widodo via Video Conference dihadapan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, para Bupati-Walikota Se-Provinsi Bengkulu dan 3.000 warga yang hadir, penyerahan sertifikat tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat, menyelesaikan permasalahan sengketa lahan yang banyak terjadi di setiap daerah.

“Saya tahu seluruh pegawai BPN bekerja pagi siang dan malam untuk menyelesaikan target yang telah saya tentukan dan saya tidak mau ditawar, karena rakyat menunggu sertifikat ini. Setiap saya ke daerah, keluhannya selalu yang banyak ke telinga saya ini masalah sengketa tanah, karena rakyat tidak memegang bukti hak hukum atas tanah,” terang Presiden RI Jokowi, di Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Program ini perlu dilakukan percepatan karena dari 126 juta tanah masyatakat di Indonesia, baru 46 juta yang memiliki sertifikat. Untuk itu, jika hal tersebut tidak dilakukan percepatan, maka hingga 2019 penyerahan sertifikat tersebut tidak akan selesai. Ditargetkan Presiden RI Jokowi, setiap tahunnya 10 ribu sertipikat harus diserahkan kepada masyarakat.

“Ini dilaksanakan, supaya sertifikat-sertifikat itu lebih cepat nyampai kepada pemiliknya. Itu sangat ditunggu, tidak hanya untuk mengurangi konflik tapi juga ada nilai ekonominya, itu sangat diprioritaskan beliau (Presiden RI Jokowi),” jelas Basuki Hadimuljono usai menyerahkan sertfikat tanah kepada 12 warga Bengkulu secara simbolis.

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemeritah pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), telah memberikan hak sertifikat atas tanah bagi masyarakat Bengkulu.

“Alhamdulillah untuk Bengkulu tadi telah diserahkan sebanyak 3.000 sertifikat dan sisanya dilanjutkan secara bertahap. Yang jelas saya imbau kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat untuk mempergunakannya sebaik dan sebijak mungkin,” ungkap Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Selain di Provinsi Bengkulu, penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat pada tahap ini juga dilakukan di 4 provinsi lainnya, yaitu di Provinsi Jawa Tengah 10.350 sertifikat, Yogyakarta 4.000 sertifikat, Sumatera Barat 24.919 sertifikat dan Sulawesi Tenggara sebanyak 69.666 sertifikat. Direncanakan penyerahan sertifikat akan dilanjutkan pada 28 Desember 2017 sebanyak 1  juta lebih kepada masyarakat di 8 provinsi. (Rian-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu).

Sumber :Puspen Kemendagri
Tags :57 Ribu Lebih Warga Bengkulu Terima Sertifikat Tanah dari Presiden Jokowi