Istimewa

RAJA AMPAT - Pada hari Senin, 23 April digelar acara forum dialog pemerintah dengan masyarakat dan partai politik bertajuk, " Menata Keuangan Pertai Politik yang Akuntabel Serta Mendorong Pilkada Damai," di Gedung Pari Raja Ampat, Papua. Acara forum dialog itu sendiri diikuti oleh  450 orang yang terdiri dari Kaban Kesbangpol dan Kabid Poldagri Se Indonesia, utusan partai dan  tokoh masyarakat.

Ikut menghadiri acara, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, Wakil Bupati Raja Ampat, Manuel Piter Urbilas, Kapolres Raja Ampat, AKBP Edy Setiyanto Erning, Sekda Raja Ampat, Yusuf Salim, Ketua Raja Ampat Jamalia Tafalas, wakil Panwas Raja Ampat dan sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemerintah Daerah Raja Ampat.

Dalam sambutannya,  Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati mengatakan daerahnya merasa mendapat kehormatan karena dipilih menjadi tempat acara forum dialog yang dihadiri para Kaban Kesbangpol seluruh Indonesia. Ia berharap, selain menghadiri acara forum dialog, para peserta bisa berkunjung ke tempat wisata di Raja Ampat.

"Harapan kita semua agar bapak atau ibu bisa  berkunjung ke seluruh tempat wisata namun tempatnya berjauhan dan alhamdulilah sudah beberapa tempat yang telah dikujungi oleh bapak ibu sekalian. Kami berterima kasih dan mohon maaf apabila ada hal yang dianggap kurang ketika berada di Raja Ampat," katanya.

Sementara itu Direktur Politik Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri Bahtiar mewakili Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, mengatakan, ia merasa perlu berterima kasih dan mengapresiasi kepada panitia dengan segala keterbatasannya bisa melaksanakan acara forum dialog yang berlangsung dengan baik. Menurut Bahtiar, acara forum dialog merupakan bentuk nyata antara perkataan dan perbuatan. Sebab kegiatan ini telah dijanjikan beberapa waktu yang  lalu, ketika dirinya berkunjung ke Raja Ampat

"Untuk itu kita upayakan agar kegiatan seperti ini kita bisa dilakukan bergilir juga di daerah -daerah lain, khususnya daerah timur," kata Bahtiar.

Bahtiar pun berharap, kegiatan forum dialog yang melibatkan  jajaran Kesbangpol seluruh Indonesia, bisa menjadi forum untuk meneguhkan komitmen pada NKRI. Bahtiar juga  mengingatkan, bahwa  jajaran Kesbangpol merupakan aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki peran penting sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Acara forum dialog ini juga harus menjadi instrumen yang bisa menerjemahkan peran fungsi Kesbangpol, terutama dalam menyukseskan kehidupan berbangsa dan bernegara serta mendukung proses demokratisasi di Tanah Air.

 

Sumber :Puspen Kemendagri
Tags :Direktur Poldagri Jajaran Kesbangpol Harus Jadi Perekat dan Pemersatu Bangsa