Istimewa

Pekanbaru – Peningkatan kualitas dan percepatan layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di daerah terus digalakkan Kementerian Dalam Negeri. Upaya tersebut sebagai tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada rapat terbatas penataan Adminduk awal April 2018 lalu. 

Selain itu, juga sebagai implementasi Permendagri 19 Tahun 2018 Tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan, serta Surat Edaran Mendagri Nomor 471.13/8039/Dukcapil Tentang Percepatan Penerbitan KTP Elektronik.

Hal ini disampaikan Direktur Pendaftaran Penduduk Drajad Wisnu Setyawan di Pekanbaru, Riau, Selasa (15/05/2018). Drajad, sapaan akrabnya, mewakili Dirjen Dukcapil yang dalam waktu bersamaan mencanangkan GISA Nusa Tenggara Barat (NTB) di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. 

Selain itu, yang lebih penting dari pencanangan GISA menurut Drajad adalah pemenuhan hak warga negara untuk memiliki dokumen kependudukan serta upaya pemanfaatan data kependudukan yang akan mempercepat pencapaian tujuan negara, yaitu negara yang membahagiakan masyarakat.

“GISA ini untuk terus digalakkan pelaksanaannya dalam rangka pemenuhan dokumen kependudukan dan pemanfaatan data kependudukan yang akan mempercepat pencapaian tujuan, yaitu negara yang membahagiakan masyarakat”, jelas Drajad

Pencanangan GISA merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Rapat Sinergitas Administrasi Kependudukan Dalam Rangka Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. 

Kedua kegiatan dihadiri jajaran Forkompimda Riau, Kepala OPD se-Riau, KPU provinsi dan kabupaten/kota se-Riau, Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota se-Riau, Kepala Dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota se-Riau. Juga hadir para tokoh masyarakat, lembaga pengguna, dan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi mengapresiasi keberhasilan provinsi dan kabupaten/kota se-Riau dalam mencapai target-target pemerintah di bidang Adminduk serta pentingnya menuntaskan pencapaian target. 

Untuk memberi kemudahan warga memiliki identitas kependudukan, juga dilakukan pelayanan KTP-el bagi penduduk Riau dan luar Riau di halaman parkir Hotel Furaya Pekanbaru. 

Pelayanan yang berlangsung selama empat hari pada hingga 17 Mei 2018 ini melayani mulai dari perekaman baru, dan mengganti KTP-el yang hilang atau rusak, serta penggantian Suket dan perubahan elemen data.

Hari pertama pelayanan kemarin, sudah dilakukan pelayanan terhadap 7.650 orang. Pelayanan ini akan dilanjutkan pada Selasa dan Rabu minggu ini. Sementara pada hari Kamis 17 Mei 2018 digunakan untuk melakukan pembagian KTP-el hasil pelayanan. Pembagian akan berlangsung di kantor Dinas Dukcapil Provinsi Riau.

Usai kegiatan, pelayanan KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya kembali akan dilaksanakan secara reguler di 12 kantor Dinas Dukcapil kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Dukcapil***

Sumber :Puspen Kemendagri
Tags :GISA Riau Percepat Tujuan Negara Bahagiakan Masyarakat