Istimewa

JAKARTA - Beredar surat berkop Kementerian Dalam Negeri dengan mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kepegawaian dan Pemerintahan Umum yang berisikan undangan pembekalan calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Dalam Negeri. Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar menegaskan surat yang mengatasnamakan panitia pembekalan CPNS Kemendagri adalah hoax atau surat palsu. Ia menghimbau masyarakat waspada atas modus penipuan seperti itu. 

" Itu hoax. Tidak ada pembekalan CPNS. Apalagi selama lima tahun, Kemendagri tidak menerima CPNS. Surat itu dipastikan hoax, surat palsu. Itu surat untuk modus penipuan. Ini murni modus kriminal tindakan penipuan," kata Bahtiar, di Jakarta, Minggu (24/6).

Kementerian kini tengah menyiapkan langkah hukum ke pihak kepolisian. Biro hukum kementerian tengah menyiapkan laporan pengaduan. Ia menghimbau, agar masyarakat jangan percaya berita hoax seperti itu. Lebih baik, jika memang ada informasi tentang kementerian, ditanyakan langsung secara resmi. " Pasti di jawab dan ditindaklanjuti. Surat ini palsu dan tidak benar. Ini akan lacak penyebar surat ini untuk laporkan ke polisi.  Karo Adpim sudah buat radiogram ke daerah agar tidak mengindahkan surat tersebut. Itu surat palsu dan bila didatangi oknum segera laporkan polisi,"  katanya. 

Selain itu juga, kata dia, tidak ada di Kemendagri Direktorat Jenderal Kepegawaian dan Pemerintahan Umum. Yang ada adalah Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum. "Ini murni tindakan penipuan," katanya.

Seperti diketahui di dunia maya, beredar surat mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kepegawaian dan Pemerintahan Umum Kemendagri. Dalam surat yang mengatasnamakan panitia pelaksana pembekalan CPNS diinformasikan, bahwa akan digelar pembekalan CPNS di Hotel Horison, Bandung. Peserta pembekalan diminta agar membayar biaya pengganti pembekalan sebesar Rp. 3.500.000. Dalam surat juga dicantumkan nomor rekening yang diklaim sebagai rekening panitia. Dalam surat palsu itu juga tertera nama Hadi Prabowo, Sekjen Kemendagri sebagai penandatangan surat. " Ini enipuan. Setahu saya 5 tahun terakhir ini di lingkungan Kemendagri tidak ada penerimaan CPNS," ujarnya.

Sumber :Puspen Kemendagri
Tags :Surat Pembekalan CPNS Kemendagri Modus Penipuan