Thesaurus Kehumasan

NoKeyword/IstilahPengertian
1Akuntabilitas Kinerja

Perwujudan kewajiban Departemen Dalam Negeri untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan/ kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan melalui alat pertanggungjawabansecara periodik.(Sumber : Kepmendagri Nomor 16 Tahun 2004 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Departemen Dalam Negeri)

2Akurat

Syarat penulisan berita yang menyangkut masalah ketelitian atas kebenaran berita antara lain, meliputi data dan fakta. Syarat lainnya adalah actual. 

3Arsip

Naskah-naskah dinas yang dibuat dan diterima oleh semua satuan organisasi dalam lingkungan Depdagri dalam bentuk corak apapun, baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok, untuk pelaksanaan tugas. (Sumber : Kepmendagri Nomor 30 Tahun 1979 tentang Tata Kearsipan Depdagri). 

4Arsip Aktif

Arsip yang masih dipergunakan secara langsung dalam proses pelaksanaan tugas. (Sumber : Kepmendagri Nomor 30 Tahun 1979 tentang Tata Kearsipan Depdagri).

5Arsip Dinamis

Arsip yang masih dipergunakan dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan tugas. (Sumber Kepmendagri Nomor 30 Tahun 1979 tentang Tata Kearsipan Depdagri).

6Arsip Statis

Arsip yang tidak lagi dipergunakan dalam pelaksanaan tugas dan disimpan oleh arsip nasional. (Sumber : Kepmendagri Nomor 30 Tahun 1979 tentang Tata Kearsipan Depdagri).

7Audit Komunikasi

Kajian mendalam dan menyeluruh tentang pelaksanaan sistem komunikasi keorganisasian yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan efektivitas organisasi. (Sumber : Audit Komuni-kasi, Teori dan Praktek, Andre Hardjana).

8Berita

Laporan/ pemberitahuan mengenai terjadinya peristiwa/ keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi (aktual) yang disampaikan oleh wartawan pada medai massa. (Sumber : Ensiklopedia Pers Indonesia,Kurniawan Junaedhie).

9Berita Sepihak

Berita yang ditulis berdasarkan keterangan dari sumber tunggal tanpa mengadakan pengecekan atau konfirmasi dari sumber-sumber lain, menyebabkan pemberitaan menjadi timpang atau berat sebelah. (Sumber : Ensiklopedia Pers Indonesia, Kurniawan Junaedhie)

10Berita Utama

Lebih popular dengan istilah headline news. Berita yang dianggap sangat layak dipasang di halaman depan, dengan judul yang merangsang perhatian dan menggunakan tipe huruf relatif lebih besar. Pendeknya berita istimewa. (Sumber : Ensiklopedia Pers Indonesia, Kurniawan Junaedhie).


First  |  Prev |   1  2  3  4  5  6  7  8   | Next  |  Last