Kabupaten

Kabupaten ACEH SINGKIL

Profil | Sejarah | Arti Logo | Nilai Budaya

Profil

Nama Resmi :Kabupaten Aceh Singkil
Ibukota :Singkil
Provinsi :NANGGROE ACEH DARUSSALAM
Batas Wilayah:

Utara: Kabupaten Aceh Tenggara
Selatan: Samudera Hindia dan Kabupaten Nias
Barat: Kabupaten Aceh Selatan
Timur:
Provinsi Sumatera Utara (Kab.Dairi/Tapanuli Tengah)

Luas Wilayah:2.185,00 Km²
Jumlah Penduduk:

116.402 Jiwa 

Wilayah Administrasi:

Kecamatan : 11, Kelurahan : -, Desa : 119

Website

:

-

 

(Permendagri No.66th. 2011)

Sejarah

Pada permulaan abad ke 16 Kerajaan Aceh berada pada masa puncak kejayaannya, dibawah pimpinan Sultan Iskandar Muda ( 1607 – 1638 ). Daerah kekuasaannya meliputi pantai Barat pulau Sumatera dari Bengkulu hingga ke pantai Timur pulau Sumatera yang meliputi Riau. Pada masa itu terdapat pula kerajaan-kerajaan kecil di wilayah Aceh itu sendiri, salah satunya terdapat di wilayah Aceh Singkil.

Dari peninggalan-peninggalan sejarah yang ada serta cerita rakyat yang berkembang menunjukkan bukti adanya kerajaan-kerajaan di wilayah Singkil itu sendiri. Beberapa peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut dapat dilihat dari ditemukannya situs-situs bangunan serta alat-alat perlengkapan hidup seperti senjata, peralatan makan, perhiasan, perlengkapan pertanian, adat istiadat. Hal ini menunjukkan adanya struktur masyarakat berlapis yang ditunjukkan dengan terdapanya nama (gelar) raja, pembantu-pembantu raja dan rakyat biasa.

Sewaktu kerajaan Aceh dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda, didudukkanlah Syeikh Abdul Rauf as Singkili yang berasal dari wilayah Singkil sebagai tempat orang merujuk hukum agama atau hukum Syara. Lahir di Singkil dari keluarga yang ada hubungannya dengan Hamzah Fansuri seorang tokoh kepenyairan di Indonesia. Pada masa itu masyarakat Aceh Singkil sudah memiliki peradaban yang tinggi serta mempunyai pemerintahan, hal ini dikuatkan dengan adanya Kerajaan Batu-batu, Penanggalan, Binanga dan lain-lainnya. Dalam perjalanan waktu Aceh Singkil telah melewati masa-masa peralihan kekuasaan diantaranya adalah : masa pemerintahan Kolonial Belanda, masa pemerintahan penjajahan Jepang dan masa kemerdekaan Republik Indonesia

Arti Logo

**

Nilai Budaya

**

back