Kabupaten

Kabupaten OGAN KOMERING ULU SELATAN

Profil | Sejarah | Arti Logo | Nilai Budaya

Profil

Nama Resmi:Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
Ibukota:Muaradua
Provinsi :Sumatera Selatan
Batas Wilayah:

Utara: Kecamatan Rambang dan Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim dan Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan;
Selatan: Kecamatan Simpang, Kecamatan Muaradua, Kecamatan Buay Sandang Aji, Kecamatan Buay Runjung, Kecamatan Kisam Tinggi dan Kecamatan Muaradua Kisam Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan;
Barat: Kecamatan Semendo Darat Ulu, Kecamatan Semendo Darat Laut, Kecamatan Tanjung Agung dan Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan;
Timur: Kecamatan Cempaka, Kecamatan Madang Suku I, Kecamatan Madang Suku II, Kecamatan Buay Pemuka Peliung dan Kecamatan Martapura Kabupaten OKU TIMUR Provinsi Sumatera Selatan.

Luas Wilayah:5.493,94 Km²
Jumlah Penduduk:384.054 Jiwa 
Wilayah Administrasi:Kecamatan : 19, Kelurahan : 7, Desa : 252
Website:http://www.okukab.go.id

 

(Permendagri No.66 Tahun 2011)

Sejarah

Nama Kabupaten Ogan Komering Ulu diambil dari nama dua sungai besar yang melintasi dan mengalir di sepanjang wilayah kabupaten OKU, yaitu sungai Ogan dan Sungai Komering. Berdasarkan sejarah, sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Nomor 9 Tahun 1997 tanggal 20 Januari 1997, Tahun 1878 ditetapkan sebagai tahun kelahiran nama Ogan Komering Ulu. Sedangkan berdasarkan peraturan perundang-undangan, Kabupaten Ogan Komering Ulu terbentuk dengan keluarnya Undang-undang Nomor 11 Tahun 1950 tentang Pembubaran Negara Bagian Sumatera Selatan dan Peraturan Pemerintah Penganti Undang-undang Darurat Nomor 3 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah Sumatera Selatan menjadi Propinsi didalam Negara Republik Indonesia.

Selanjutnya melalui Keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor GB/100/1950 tanggal 20 Maret 1950, ditetapkan batas-batas wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan ibu kota kabupaten di Baturaja. Sejalan dengan Undang-undang Darurat Nomor 4 Tahun 1956 yang diperkuat dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II Kotapraja di Sumatera Selatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1959 Nomor 73. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1821), Kabupaten Ogan Komering Ulu menjadi daerah otonom yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.

Arti Logo

No.
Nama Gambar
Gambar
Uraian
1
Tepak Sirih
Tepak sirih melambangkan kehormatan adat daerah sejak zaman dahulu yang merupakan akar budaya yang sudah menjadi tradisi dalam masyarakat pada setiap acara adat.
2
Mahkota
Ukiran berwarna emas seperti akar yang sering dipakai pada pelaminan pengantin dalam Kabupaten melambangkan bahwa masyarakat Kabupaten masih menjunjung kebudayaan dari zaman dahulu.
3
Jembatan Ogan
Jembatan Ogan merupakan jembatan yang bersejarah bagi masyarakat Kabupaten sebagai jembatan pertama di Baturaja.
4
Aliran Sungai
Dua gelombang melambangkan aliran sungai ogan di Baturaja yang berasal dari 2 (dua) sungai besar yaitu sungai ogan dan sungai lengkayap.
5
Rantai Emas Berjumlah 11 (sebelas)
Melambangkan persatuan masyarakat dalam Kabupaten Ogan Komering Ulu walaupun berbeda suku dan agama tetap terjalin persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
6
Pohon Karet
Karet merupakan potensi unggulan dalam Kabupaten disamping kelapa sawit.
7
Padi
Melambangkan kemakmuran
8
Kapas
Melambangkan kesejahteraan
9
Pabrik
Pabrik melambangkan kemajuan industri dalam Kabupaten
10
Keris
Keris berwarna emas bermata keatas melambangkan semangat hidup dan kepahlawanan masyarakat Kabupaten.
11
OKU
Mengandung arti kesatuan yang erat.
12
Motto
Sehaluan dan setujuan seluruh masyarakat dalam Kabupaten.

 

No.
Ketentuan Warna Pada Lambang
Uraian
1
Putih berarti Suci /Toleransi
2
Hitam berarti Keadilan
3
Kuning berarti kebesaran / Keluhuran
4
Merah berarti Kepewiraan / Keberanian.
5
Hijau Tua/Muda berarti kesuburan & kemakmuran
6
Biru Tua dan Biru Keputihan berarti Kesetian
7
Orange berarti Kemasyarakatan
8
Kuning emas berarti Kabupaten Ogan Komering Ulu kaya akan sumber daya alam.

 

Nilai Budaya

**

back