Kabupaten

Kabupaten MAMASA

Profil | Sejarah | Arti Logo | Nilai Budaya

Profil

Nama Resmi :Kabupaten Mamasa
Ibukota :Mamasa
Provinsi :Sulawesi Barat
Batas Wilayah:

Utara: Kabupaten Mamuju
Selatan: Kabupaten POLMAN
Barat: Kabupaten Mamuju
Timur: Kabupaten Tator dan Kab.Pinrang

Luas Wilayah:

3.005,88 Km2

Jumlah Penduduk: 

198.170 Jiwa

 

Wilayah Administrasi:

 

Kecamatan: 17, Kelurahan: 11, Desa: 135

 

Website:

http://www.mamasakab.go.id/

 

(Permendagri No.66 Tahun 2011)

Sejarah

Kab. Mamasa merupakan kabupaten pemekaran dari Kabuapeten Polewali Mamasa, berdasarkan UU No. 11 tahun 2002tentang pembentukan Kab. Mamasa dan Kota Palopo di Sulawesi Selatan, yang memiliki batas : sebelah Utara dengan Kab. Mamuju, sebelah Selatan dengan Kab. Polewali Mandar, sebelah Timur dengan kab. Tana Toraja dan Kab. Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan dan sebelah Barat dengan Kab. Mamuju dan Kab. Majene. Kab. Mamasamemiliki potensi wilayah yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat antara lain, Sektor Parawisata, Sektor Pertanian, Sektor Peternakan/Perikanan dan Sektor Pertambangan (bahan galian). Jarak dari ibukota Kab. Mamasake ibukota provinsi Sulbar (Mamuju)yang melewati Kab. Polewali Mandar dan Kab. Majene berjarak 286 Km sedangkan jika melewati Kec. Mambi, Aralle, Tabulahan dan Salubatu Kab. Mamuju berjarak 148 Km dan jarak ke kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan yaitu 340 Km.

Arti Logo

_---_

Nilai Budaya

Para peserta tampak mempesona, dengan memakai pakaian adat Mamasa (baju Pongkok) berjalan panjang beriringan. Baju pongkok, deretan manusia, decak kagum warga yang antusias menonton kegiatan ini semakin menunjukkan klimaksnya ulang tahun.

Bupati Mamasa Obednego Depparinding menegaskan bahwa, tujuan dari diadakannya semua kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk mengangkat kembali nilai-nilai budaya kabupaten Mamasa yang kini mulai memudar seiring dengan perkembangan zaman.

Apabila nilai-nilai budaya dapat disemarakkan kembali di kabupaten ini, maka dengan sendirinya wisata budaya kabupaten Mamasa akan terangkat, dengan begitu membangkitkan kembali hasrat kecintaan generasi muda terhadap budaya sendiri, budaya daerah lokal.

tanpa mengabaikan transformasi budaya positif yang dapat mendukung kemajuan pembangunan di daerah, Mengangkat citra budaya daerah Mamasa dan Sulawesi Barat pada umumnya sebagai ciri khas daerah dalam pluralisme nasional.

(laporan oleh kontributor kabar-toraja.com, Agustinus
Staff humas di Pemkab Mamasa, Kabupaten Mamasa, Prov. Sulbar)

back