Kabupaten

Kabupaten MIMIKA

Profil | Sejarah | Arti Logo | Nilai Budaya

Profil

Nama Resmi :Kabupaten Mimika
Ibukota :Timika
Provinsi :PAPUA
Batas Wilayah:

UtaraKabupaten Paniai, Kabupaten Nabire, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Puncak, Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Deiyai
Se
latan: Laut Arafuru
Barat: Kabupaten Kaimana
TimurKabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Yahukimo

Luas Wilayah:

21.633,00 Km2

Jumlah Penduduk:

191.232 Jiwa

 

Wilayah Administrasi:

Kecamatan: 12, Kelurahan: 6, Desa: 80


Website:

http://www.mimikakab.go.id

 

(Permendagri No.66 tahun 2011)

Sejarah

Kabupaten Mimika merupakan salah satu Kabupaten dari beberapa Kabupaten di Provinsi Papua yang terletak di wilayah pantai selatan dimana Mimika dulunya merupakan salah satu Kecamatan dari Kabupaten Fak-fak dan wilayahnya disebut Kecamatan Mimika Timur.

Melihat kondisi pemerintahan saat itu dengan jumlah pegawai perwakilan kecamatan yang sangat sedikit serta luasnya wilayah pelayanan pemerintahan, maka Pemerintah Daerah Tingkat II Fak-fak memandang perlu untuk melakukan pemekaran wilayah pemerintahan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan kepada masyarakat di wilayah Mimika yang tentunya membutuhkan perhatian dan pelayanan dari Pemerintah. Hal ini di wujudkan dengan pembentukan Kantor Pembantu Bupati di Timika  yang di tetapkan sebagai Pembantu Bupati Kepala Daerah Tingkat II Fak-fak wilayah Mimika oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Fak-fak.

Memperhatikan perkembangan jumlah penduduk, luas wilayah, potensi dan meningkatnya tugas dan tanggung jawab di bidang pemerintahan, maka di pandang perlunya pembentukan Pemerintahan Kabupaten Administratif sehingga Pemerintahan Pembantu Bupati Fak-fak wilayah Mimika di tetapkan sebagai Kabupaten Administratif pada tanggal 8 Oktober 1996 oleh Menteri Dalam Negeri di Jayapura. Setelah terbentuk menjadi Kabupaten Administratif maka ditetapkan wilayah Kecamatan yang terdiri dari : Kecamatan Mimika Timur, Mimika Barat, Agimuga dan wilayah pemekaran Kecamatan Mimika Baru yang berkedudukan di Timika.

Setelah kurang lebih 4 (empat) tahun pelaksanaan pemerintahan Kabupaten Administratif, maka pada tanggal 18 Maret tahun 2000 di resmikan perubahan status dari Kabupaten Administratif menjadi Kabupaten Definitif oleh Gubernur Provinsi Papua Drs. J.P. Salossa, M.Si berdasarkan Undang-undang No.45 Tahun 1999.

Setelah resmi menjadi Kabupaten Definitif, maka pada tanggal 18 Juni 2001 Pemerintah Daerah secara resmi menetapkan 12 Kecamatan (atau yang sekarang telah dirubah menjadi Distrik) yang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Mimika. Distrik tersebut adalah : Distrik Mimika Baru, Kuala Kencana, Tembagapura, Mimika Timur, Mimika Timur Jauh, Mimika Tengah, Mimika Barat, Mimika Barat Tengah, Mimika Barat Jauh, Agimuga, Jila dan Jita.

sumber : http://www.mimikakab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2:sejarah-kabupaten-mimika&catid=2:sejarah&Itemid=11

Arti Logo


  1. Wadah Lambang bersudut Lima yang melambangkan Pancasila sebagai wadah Filsafat Negara
  2. Wadah Lambang Berbentuk Perisai melambangkan unsur-unsur sebagai Pusat Pemerintahan, Pembangunan Perdagangan, Industri, Pendidikan,     Wisata dan Olahraga, yang merupakan satu kesatuan untuk mencapai cita-cita dalam mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin.
  3. Dasar Lambang Wadah Berwarna Kuning, melambangkan kekayaan alam dan Taman Nasional Lorentz.
  4. Lukisan gunung melambangkan keadaan Geografis daerah dan salju abadi yang terdapat di daerah.
  5. Kalung kebesaran dengan benang kecil berwarna putih berjumlah 8 (delapan), dan kulit kerang berjumlah 10 (sepuluh) dan 1 (satu) kulit. Kerang kecil memanjang berderet 3 (tiga) berjumlah 96 (sembilan puluh enam) melambangkan susunan budaya Kamoro dan mencerminkan kekayaan budaya dari 2 (dua) suku terbesar yaitu Kamoro dan Amungme
  6. Setangkai Padi dan Setangkai Bunga Kapas melambangkan kesejahteraan bagi masyarakat yang diperoleh melalui Pembangunan dalam berbagai aspek.
  7. Unsur air melambangkan sungai dan laut yang merupakan potensi kehidupan masyarakat Kabupaten Mimika.

(sumber:http://www.mimikakab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=4:lambang-daerah-kabupaten-mimika&catid=4:lambang-daerah&Itemid=11)

Nilai Budaya

---****---

back