PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA KARYA TULIS DALAM RANGKA HUT RI 74 LINGKUP KEMENDAGRI DAN BNPP

Perpres 96 Tahun 2018 Kian Percepat Layanan Adminduk di Daerah

Tanggal : 06 Nov 2018 17:43 Wib | Pengunjung : 2566


Jakarta – Dalam rangka peningkatan kualitas layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Perpres ini dinilai sebagai upaya mereformasi sistem pelayanan Adminduk di Indonesia agar lebih cepat.

“Perpres Nomor 96 Tahun 2018 merupakan upaya peningkatan kualitas layanan Adminduk untuk lebih cepat, lebih sederhana. Ia membuang persyaratan-persyaratan yang tidak perlu,” kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Zudan Arif Fakruloh, Minggu (04/11/2018).

Zudan menjelaskan bahwa dengan diterbitkannya Perpres tersebut, berbagai persyaratan seperti surat keterangan pengantar dari RT/RW, maupun desa/kelurahan serta kecamatan menjadi tidak diperlukan lagi.

Hal ini tiada lain untuk menghapus birokrasi yang berbelit-belit dalam pelayanan Adminduk.

“Yang di Perpres itu, kita memotong birokrasi yang dulu dengan syarat-syarat pengantar RT/RW, desa/kelurahan dan kecamatan. Dengan Perpres 96 Tahun 2018, penduduk hanya cukup dengan membawa foto kopi KK (Kartu Keluarga),” lugasnya.

Sebetulnya, instruksi untuk peningkatan kualitas layanan Adminduk sudah pernah diterbitkan melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Adminduk.

Permendagri tersebut mengamanatkan agar penduduk yang mengurus dokumen kependudukannya dapat terlayani selama maksimal satu hari. Agar sinergi dengan percepatan layanan, maka diterbitkanlah Perpres 96 Tahun 2018 yang memotong persyaratan birokrasi yang berbelit.

“Di Permendagri 19 Tahun 2018 sudah ada dorongan untuk layanan menjadi satu hari. Nah, untuk memperkuat hal itu maka persyaratan-persyaratan harus dipotong dengan Perpres 96,” jelas Zudan.

Sementara itu, Perpres 96 Tahun 2018 ditandatangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 16 Oktober 2018.

Perpres ini di antaranya mengatur terkait  pelayanan pendaftaran penduduk terdiri dari pencatatan biodata penduduk, penerbitan KK, penerbitan KTP-el, penerbitan surat keterangan kependudukan, serta pendaftaran penduduk rentan Adminduk. Dukcapil***


Post Lainnya

Card image cap Card image cap

Kemendagri Gelar Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan

Lombok - Biro Umum Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Kordinasi Bidang Kesehatan (Rakor Poliklinik)dengan peserta para tenaga medis Poliklinik UPT satker Eselon I lingkup Kemendagri dan BNPP yang diselenggarakan di…

Tanggal Publikasi: 21 Jun 2019 12:01 | 424 View

Card image cap Card image cap

Indonesia Connected : NIK sebagai pintu penghubung

Jakarta - Data kependudukan yang dikelola Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus meraih kepercayaan masyarakat untuk membantu pelayanan publik agar semakin cepat dan akurat.

Tanggal Publikasi: 13 Feb 2019 16:46 | 1958 View

Card image cap Card image cap

Pemerintah Tidak Hapus Kolom Agama di KTP-El

Jakarta - Isu penghapusan kolom agama dalam KTP-el kembali muncul menjelang pelaksanaan Pemilu 2019. 

Tanggal Publikasi: 13 Feb 2019 16:46 | 1150 View

Card image cap Card image cap

KTP-el WNA Tak Bisa Dipakai Memilih dalam Pemilu 

Jakarta - Menjelang Pilpres 2019, suhu politik di Indonesia makin menuju titik didih. Isu hoax berseliweran, termasuk ihwal KTP elektronik berlaku seumur hidup untuk semua, dituduhkan tanpa dasar, bahwa ditujukan…

Tanggal Publikasi: 13 Feb 2019 16:44 | 1326 View

Card image cap Card image cap

Go Digital, Dukcapil Siap Wujudkan Single Identity Number

MAKASSAR - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil). Hal ini berkat pencapaian kinerja luar…

Tanggal Publikasi: 09 Feb 2019 11:29 | 2281 View