SELAMAT DATANG DI WEBSITE KEMENTERIAN DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA

Mendagri: Integrasi Data Kependudukan Sangat Bermanfaat bagi Pelayanan Publik

Tanggal : 02 Jul 2019 10:52 Wib | Pengunjung : 282


JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan saat ini hampir 99 persen data kependudukan sudah terekam dan terintegrasi dengan baik. Terintegrasinya data kependudukan ini bermanfaat bagi pelayanan publik  khususnya dalam perencanaan pembangunan dan pengalokasian anggaran.
 
Demikian presentasi Mendagri Tjahjo Kumolo terkait Pemanfaatan Data Kependudukan Menuju Perwjudan Identitas Tunggal untuk Mendukung Pelayanan Publik, di Jakarta, Selasa (02/07/2019).
 
Mendagri mengatakan, salah satu fungsi Pemerintah dalam melayani masyarakat adalah masalah kependudukan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu Keluarga dan Kartu Kematian. Pelayanan masyarakat dalam masalah kependudukan ini gratis atau tidak dipungut bayaran.
 
“Alhamdulillah dengan berbagai kondisi yang ada sekarang sudah hampir 99 persen data kependudukan sudah terekam, kecuali di Papua dan Papua Barat karena kondisi geografis dan kondisi masyarakatnya, “ kata Mendagri.
 
Selain itu, masih ada sekitar satu juta penduduk warga Indonesia yang memiliki KTP ganda.
 
“Data kependudukan yang terintegrasi ini berguna untuk memudahkan dalam alokasi anggaran pelayanan publik,  pembangunan demokrasi, kemudian penegakan hukum dan pencegahan kriminal serta masalah kepariwisataan pusat dan daerah,” tutur Tjahjo.
 
Mendagri mengaku masih ada masalah dalam soal data kependudukan, yakni terkait data valid dan invalid, banyaknya masalah penipuan serta masih ada satu juta penduduk warga negara Indonesia yang memiliki alamat domisili ganda.
 
“Kemudian, waktu melayani masih lama, penyalahgunaan data, pemendekan indentitas data online berdasarkan NIK, masalah terorisme, malah (kasus kecelakaan pesawat) Lion kemarin, bisa terdata dengan baik apabila ada sidik jari atau iris mata yang lengkap, sehingga pemanfaatan secara online bisa terindentifikasi data,” kata Tjahjo.
 
Mendagri menyebutkan sejumlah manfaat dalam pelayanan publik dengan data kependudukan yang akurat. Misalnya, meminimalisasi adanya penipuan, meminimalisasi penggunaan kertas dan inventaris sehingga mengurangi biaya dan kemudian terwujudnya sinergitas pembangunan.
 
“Melayani publik yang lebih baik dengan digital, saya kira ini sebuah proses yang berlanjut memanfaatkan data 265 juta penduduk, ada semua. Hanya yang satu juta itu tadi menentukan itu tinggal di mana, yang mempunyai dua hingga tiga KTP dan yang di Papua ,” kata Mendagri.

Puspen Kemendagri


Post Lainnya

Card image cap Card image cap

Poros Maritim Selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 14 (TPB-14)

YOGYAKARTA – Poros maritim merupakan gagasan strategis yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, diwujudkan untuk menjamin keterhubungan antarpulau demi menopang kedaulatan wilayah laut Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan…

Tanggal Publikasi: 20 Sep 2019 17:18 | 42 View

Card image cap Card image cap

Revolusi Mental Sebuah Konsep Hadapi Tantangan Bangsa

Banjarbaru - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Komulo menyebut Revolusi Mental merupakan sebuah konsep yang relevan untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa. Hal ini diungkapkannya pada Pembukaan Pekan Kerja Nyata Gerakan Nasional…

Tanggal Publikasi: 19 Sep 2019 20:42 | 60 View

Card image cap Card image cap

Mendagri: Gerakan Revolusi Mental Harus Dimulai Dari Diri Masing-Masing

Banjarbaru - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Komolo menyebut gerakan revolusi mental harus dimulai dari diri sendiri atau individu masing-masing yang ditandai dengan kepedulian dan kepekaan terhadap kondisi alam dan…

Tanggal Publikasi: 19 Sep 2019 19:14 | 67 View

Card image cap Card image cap

APBD Untuk Kepentingan Pemenuhan Kewajiban Dasar Pemerintah di Daerah

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo mengingatkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (APBD) harus digunakan untuk kepentingan mencukupi pemenuhan kewajiban dasar pemerintah di daerah.

Tanggal Publikasi: 18 Sep 2019 21:38 | 98 View

Card image cap Card image cap

Sekjen Kemendagri: Pembangunan Daerah Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Jakarta- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo menyebut Pembangunan Daerah dimaksudkan untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal itu diungkapkannya dalam acara Orientasi Anggota DPD RI Terpilih 2019-2024 di…

Tanggal Publikasi: 18 Sep 2019 21:34 | 73 View